Cover SNKIBAnalisis Branderpreneurship pada UKM (Usaha Kecil Menengah) Perawatan Kecantikan: Kasus Salon “Waxing Corner”

(Branderpreneurship Analysis on the Beauty Care’s SME: Case of ‘Waxing Corner’)

Oleh: B. S. Wijaya & M. Hanathasia

DOI: 10.13140/2.1.2192.0805

Abstrak: Kebanyakan wirausahawan selama ini hanya memandang branding sebagai upaya pemborosan dana, bukan sebagai investasi, sehingga aktivitas dan strategi pengembangan merek menjadi prioritas terakhir. Padahal,  merek yang kuat akan memberikan nilai tambah bagi sebuah bisnis. Merek yang kuat juga akan meningkatkan keunggulan kompetitif dan berpotensi memobilisasi pasar lebih cepat. Menggunakan metode studi kasus dengan teknik branderpreneurship framing analysis, tulisan ini menganalisis sebuah usaha kecil di bidang perawatan kecantikan dari perspektif branderpreneurship, yakni kewirausahaan berbasis pengembangan dan komunikasi merek. Kasus yang dianalisis adalah Waxing Corner, sebuah salon perawatan kecantikan di Plaza Festival, Jakarta Selatan. Dari elemen-elemen yang terdapat dalam the circle of values development yang merupakan inti branderpreneurship, yakni mengidentifikasi (identifying), mengkreasi (creating), mendistribusi (delivering), mengkomunikasi (communicating), menjaga (maintaining), mengevaluasi (evaluating) dan memperbarui nilai-nilai (updating values), Waxing Corner memiliki kekuatan dalam mengidentifikasi nilai melalui pemahaman mendalam konsumen (consumer insights) wanita-wanita dewasa muda moderen yang menjadi sasaran utama mereknya. Namun demikian, Waxing Corner memiliki kelemahan dalam mengkomunikasi, mengevaluasi dan merejuvenasi atau meningkatkan nilai sehingga perkembangan merek menjadi stagnan. Padahal, dengan core value yang unik dan kuat, Waxing Corner memiliki potensi untuk berkembang lebih pesat dan luas.

Kata kunci: Waxing Corner, kewirausahaan, merek, branderpreneurship, pengembangan nilai

Cite this article –APA Style– as follow (kutip artikel ini dengan penulisan di daftar pustaka sbb):

Wijaya, B. S. & M. Hanathasia (2012). Analisis Branderpreneurship Pada UKM Perawatan Kecantikan: Kasus Salon ‘Waxing Corner’. Proceeding Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II, Jakarta, 18 September, pp. 483-496. DOI: 10.13140/2.1.2192.0805

 

Advertisements