DIMENSIONS OF BRAND IMAGE: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication
by: B. S. Wijaya
Abstract: Currently almost all products have the brand, and all companies strive to develop and maintain their brand reputation. Brand is a mark left on the minds and hearts of consumers, which creates a specific sense of meaning and feeling. Thus, brand is more than just a logo, name, symbol, trademark, or label attached to a product. Using theoretical review and reflective method, this conceptual paper aims to review the dimensions of brand image as one stage in the hierarchy of branding or brand communications, so it can be a guide for future studies related to the brand image. Brand image plays an important role in the development of a brand because the brand image associated with the reputation and credibility of the brand which later became the “guidelines” for the consumer audience to try and use a product or service then creating a particular experience that determines whether the consumer will be into brand loyalist, or simply an opportunist (easy to switch to another brand). The dimensions of brand image in this study include brand identity, brand personality, brand association, brand behavior & attitude, and brand competence & benefit.
Keywords: brand image dimensions, brand communication, hierarchy of branding, brand development
Abstrak: Saat ini hampir semua produk memiliki merek, dan semua perusahaan berusaha mengembangkan dan menjaga reputasi merek mereka. Merek adalah tanda jejak yang tertinggal pada pikiran dan hati konsumen, yang menciptakan makna dan perasaan tertentu. Dengan demikian maka merek lebih dari sekadar logo, nama, simbol, merek dagang, atau sebutan yang melekat pada sebuah produk. Melalui penelusuran pustaka dan metode reflektif, makalah konseptual ini bertujuan mengaji dimensi citra merek (brand image) sebagai salah satu tahap dalam hirarki komunikasi merek, sehingga dapat menjadi panduan untuk penelitian-penelitian berikutnya yang berkaitan dengan citra merek. Citra merek memegang peranan penting dalam pengembangan sebuah merek karena citra merek menyangkut reputasi dan kredibilitas merek yang kemudian menjadi “pedoman” bagi khalayak konsumen untuk mencoba atau menggunakan suatu produk barang atau jasa sehingga menimbulkan pengalaman tertentu (brand experience) yang akan menentukan apakah konsumen tersebut akan menjadi loyalis merek atau sekadar oportunis (mudah pindah ke lain merek). Dimensi-dimensi citra merek dalam kajian ini adalah identitas merek, kepribadian merek, asosiasi merek, sikap dan perilaku merek, serta manfaat dan kompetensi merek.
Kata kunci: dimensi citra merek, komunikasi merek, hierarchy of branding, pengembangan merek
Full-text paper: EJBM-Dimensions of Brand Image A Conceptual Review
Cite this article –APA Style– as follow (kutip artikel ini dengan penulisan di daftar pustaka sbb):
Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5 (31): 55-65. DOI: 10.13140/ejbm.2013.55.65
Durrotul Mas'udah
bolehkan saya memperoleh versi lengkap dari karya tulis ini? saya sedang membutuhkan bahan bacaan terkait dengan brand communications untuk skripsi saya. karya tulis Anda hanya akan saya gunakan untuk pembanding, tidak akan saya salin. terima kasih 🙂
LikeLike
bambangsukmawijaya
Kirimkan alamat email Anda ke: bswijaya98@yahoo.com agar saya dapat kirimkan langsung ke email Anda. Thanks
LikeLike
bambangsukmawijaya
Tidak masalah kok jika Anda mengutip, asalkan tetap mencantumkan judul dan penulis artikel ini serta jurnal yang menerbitkan sebagai sumber kutipan, sesuai standar ilmiah (akademik). Kebanyakan yang saya temukan hanya mengutip tanpa menyebutkan nama dan sumbernya, bahkan ada yang copy paste tulisan saya ke blognya tanpa mencantumkan nama saya dan alamat blog ini/ nama jurnalnya sebagai sumber rujukan. Bayangkan jika Anda sudah capek2 riset, analisis bolak-balik menelusuri pustaka dari berbagai jurnal nasional dan internasional serta buku-buku membuat Anda harus begadang bermalam-malam, lalu ada orang lain tinggal mengutip dan copy paste TANPA mencantumkan nama dan judul artikel Anda serta jurnal publikasi karya Anda, bagaimana perasaan Anda? Jadi sekali lagi, boleh mengutip, asal mencantumkan nama penulis, judul, dan jurnal/buku tempat tulisan tersebut dipublikasikan di daftar pustaka dan di dalam tulisan Anda, sesuai standar akademik. Selamat berkarya!
LikeLike
bambangsukmawijaya
silakan klik link-nya langsung dari jurnalnya
LikeLike