Blog ini menampilkan spektrum warna-warni komunikasi dalam berbagai sudut pandang. Sebagian besar tulisan, pemikiran dan ulasan-ulasan adalah hasil eksplorasi pemilik blog ini, Bambang Sukma Wijaya. Namun bukan berarti tidak menampilkan tulisan dari sumber-sumber lain. Yang pasti, setiap tulisan yang ditampilkan akan selalu dicantumkan sumber dan penulisnya, sebagai bentuk penghargaan terhadap hak cipta.
Karena itu, kami pun tidak keberatan jika ada pembaca atau blog surfer yang hendak mengutip, mengopy atau menyadur isi tulisan di blog ini, asal selalu dan HARUS mencantumkan nama penulis dan sumbernya yakni blog komunikasiana: http://www.komunikasiana.wordpress.com atau http://www.komunikasiana.com atau langsung cantumkan nama, volume dan page sumber jurnal yang memuat artikelnya (misalnya: Wijaya, B. S. (2015). Desire and Pleasure in the Branded Reality Show as a Discursive Psychoanalysis. Jurnal Humaniora, Vol. 27, No. 1, pp. 27-41. DOI: 10.13140/RG.2.1.4491.5365).
Beberapa dokumen kami temukan mengutip bahkan mengopy paste artikel dalam web blog ini tapi TIDAK mencantumkan sumber jurnal/ link web blog ini dan nama penulisnya baik di Daftar Pustaka/ References atau di halaman blog/ webnya, sehingga berpotensi melanggar UU Hak Cipta dan dapat dituntut secara hukum.
Terima kasih atas kesediaan Anda berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.
titiw
You are good. Indeed. Hehehehe.. bapak dosen bukan ya? sepertinya ngelotok sekali masalah2 komunikasi seperti ini.. 🙂
LikeLike
iwan
Mas artikelnya Bagus,
Mas Bambang,
Saya mau ngambil Magister Ilmu Komunikasi,
Kalau menurut Mas Bambang, Magister Ilmu Komunikasi mana yang cukup Bagus dan sesuai dengan kebutuhan.
Apakah Magister Komunikasi UI, USAHID, UMB atau lainnya
Kalau bisa sich, universitas nya di Jakarta.
Thanks Mas
Atas bantuannya.
LikeLike
marsudi
yth. p Bambang.
Saya marsudi , salah satu alumni ilmu komunikasi UBK . yg mana saya kenal bapak dari majalah cakram langganan saya..
Saya tertarik dgn forum kajian ilmu komunikasi yg bapak bentuk. Saya ingin menjadi anggota nya.. kira-kira persyaratannya apa saja..
besar harapan saya bisa dapat info lebih lanjut dari bapak
Hormat saya,
Marsudi (085693517536)
-Founder of Financial Communication
-Author of Income Revolution
-Columnist at Kayaraya08.blogspot.com
LikeLike
capie
untung aza dapet situs ini… jadi aku punya bahan buat ujian ntar… makaseh maz…
LikeLike
isma inii..
thumbsup!!!!
minta ijin untuk di link diblog saya ya..
terimakasih
LikeLike
bambangsukmawijaya
ok. moga bermanfaat…
salam,
B
LikeLike
Raditya
mas, mo nanya dong kalo mo buat full campaign sebuah brand, katakanlah mobil (otomotif) teori mana yang paling populer secara rumusan bedah brand nya, saya serung baca ada teori SWOT, creative link dll. Boleh gak diberi contoh kasus sebuah Campaign besar dengan
teori yang dimaksud, maklum mas masih belajar nih (ada tugas)
Sudah coba putar-putar dan banyak nge-‘klik’ tapi koq blum ketemu ya, analisa teori yang saya maksud (yang paling populer deh)
atas bantuannya (smoga gak ngrepotin) makasih banyak sebelumnya.
salam Raditya.
LikeLike
Deskomers01 admin
tukeran link mau gak om?
LikeLike
Aswan
Saya anak Pondok King, Tamalanrea, Mksr. Kosmilk ’92. Mau tanya, apa betul Mas Bambang waktu SMA tinggal di dekat Lapangan Lembah Hijau? Kalau betul, tolong saya dihubungi via email. Kalau tidak, mohon maaf.
Mari ki’ diii….
LikeLike
bambangsukmawijaya
Benar, Aswan. Saya dulu tinggal di dekat Lapangan Lembah Hijau. Tapi sekarang orangtua dan semua sodara udah pada pindah ke Bandung. Saya sendiri gawe di Jakarta. Saya tidak bisa menghubungi emailmu, karena it doesn’t appear. Kalau mau, hubungi ke email saya aja: bsukma@writing.com
Saya pasti reply.
Oke, salam buat keluargamu dan teman-teman ya. Semoga sehat semua.
salam,
La Bambang
LikeLike
bambangsukmawijaya
@ raditya: secara akademis, ada Planning Theory (menguraikan proses perencanaan suatu aksi komunikasi) yang diperkenalkan oleh Charles Berger dan Message Design Logic (menguraikan proses desain di balik suatu pesan) yang dilansir oleh Barbara O’Keefe. Lebih jelasnya, coba baca buku Theories of Human Communication by LittleJohn.
Namun, secara praktis, ‘teori’ yang digunakan setiap perusahaan periklanan berbeda-beda, karena itu merupakan ‘tools’ khas mereka yang dicustomized sesuai kebutuhan brand-brand yang mereka kelola. Ambil contoh, agency DDB punya tool yang namanya Brand Foundation, agency McCann punya Brand Foot Print, sedangkan Lowe lebih berorientasi problem-solution..
Jadi mana yang sebaiknya kamu gunakan, ya susah juga ya, tergantung agency-nya.. bahkan kamu bisa buat tools sendiri kalau mau, sesuai kebutuhan brand yang kamu tangani.. yang paling standar memang SWOT analysis atau ada juga yang membaliknya dengan TWOS analysis karena dewasa ini dengan kompetisi yang semakin ketat, threat dan weakness harus yang pertama dilihat..
Oke, semoga penjelasan singkat ini cukup berguna… thx
@ deskomers: silakan kalau mau di-link… smoga bermanfaat!
LikeLike
ika
asw…..
mas bambang…salam kenal yah…
aku mahasiswi komunikasi juga, alhamdulilah bangt bisa ketemu situs ini, kebetulan baru mau nyusun skripsi…cara gabungnya gimana ya?
mau bgt buat share tentang ilmu komunikasi…..
waslam
makasih mas….
LikeLike
bambangsukmawijaya
gabung apa mksudnya? kalau hnya pgn baca tulisan2 di blog ini, silakan saja, kalo pgn link ke blog kamu, silakan, kalo pengen kutip tulisan di sini, silakan (asal menyebut sumber dan penulisnya: bambang sukma wijaya).. yang nggak boleh: copy-paste tulisan-tulisan di blog ini tanpa menyebut sumber dan nama penulisnya.. karena mengopy tanpa menyebut sumber = plagiator = tindakan kriminal = tindakan tak bermoral..
LikeLike
slamet
salam kenal mas bambang..
saya mau bikin skripsi, topiknya ttg fenomena pornografi di ponsel remaja..mengapa masih banyak sekali penyebaran pornografi lewat ponsel, padahal razia juga telah digalakkan oleh pihak sekolah..lmenurut pembimbing saya, tidak ada masalah komunikasi disana..
mohon sarannya..
terima kasih..
LikeLike
Pertiwi Putri Nurhakim
wah,terima kasih banget nih mas bambang untuk artikel2nya,,bermanfaat banget untuk referensi ngerjain tugas kuliah.
Lagi mumet cari bahan untuk tugas audit humas, dapet pencerahan dari blognya mas bambang. Semoga makin banyak artikel yang bermanfaatnya.
LikeLike
lucky
Asslm..salam kenal mas bambang..
aku lucky,anak komunikasi.sekarang aku mau seminar proposal&pengen bahasa tentang pemaknaan para pecinta kuliner terhadap wisata kuliner.kira2 tradisi mana yang paling pas&pake metodologi apa ya mas?
makasih..
wasslm..
LikeLike
Cynthia
Hi….
senang sekali bisa menemukan blog ini….
saya mau request pembahasan mengenai Teori Segitiga Semantik Ogden-Richard boleh?
saya sangat membutuhkan untuk analisis skripsi saya.
terima kasih….
LikeLike
elymart jastro
Mas Bambang, saya sedang menulis skripsi tentang proses produksi pesan koleksi di Museum Bahari Jakarta. Nanti hasil dari produksi pesan tersebut menghasilkan produk akhir berupa label.
Teori apa yang cocok saya pakai? Selama ini saya menggunakan Teori Action Assembly dari John Greene. Apakah itu sudah sesuai?
LikeLike
HASANUDDIN
asslamualaikum wr.wb.
Sy Hasanuddin pak mahasiswa ilmu komunikasi UIT Makassar, sebelumnya salam kenal.
sy begitu bersemangat belajar ketika melihat tulisan2 bapak, pada dasarnya sy sgt senang dengan jurusan ilmu komunikasi ketika kita senang pada sesuatu hal pasti hasilnya akan maksimal dan memuaskan karena tdk ada tekanan. sy sering membaca knp, spy menambah wawsan khususnya komunikasi, namun sy sering pelupa,yg sy baca tdk efektif sepenuhnya.. itu bgaimana solusinya pak? apakah tetap membaca….
LikeLike